Selamat datang Koran Digital

Era publishing di Indonesia segera mengalami perubahan, Awal Juli 2008 yang lalu telah dipublish koran digital (e-paper) Kontan. Kemudian menyusul koran Nasional KOMPAS dengan alamat http://www.epaper.kompas.com atau http://www.kompascetak.com. Dimana semua konten koran sudah dijadikan digital.

Akan era koran cetak akan ditinggalkan begitu saja, kita tunggu dulu…!!! Untuk beralih dari konvensional ke digital rasanya diperlukan infrastruktur dan kesiapan manusia-nya untuk memasuki era baru tersebut. Namun melihat perkembangan internet dan juga wifi atau nirkabel rasanya bukan mustahil hal tersebut akan lebih cepat dari yang kita perkirakan. Besarnya biaya operasional serta harga kertas yang semakin mahal ditambah lagi dengan adanya pencemaran lingkungan bukan hal yang mustahil perkembangan koran digital ini akan semakin cepat berkembang.

Akankah biaya koran digital ini akan gratis nantinya, dan akankan koran digital akan survive mengingat belum semua iklan dapat diterima oleh media online. Namun tidak ada salahnya jika perkembangan koran digital ini disambut dengan tangan terbuka, karena mau tidak mau kita akan larut juga mengikuti perkembangan Teknologi Informasi. Semakin banyak orang tidak percaya dengan peralihan teknologi ini semakin cepat rasanya perkembangan IT ini. Oleh karena itu kita perlu mempersiapkan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur untuk dapat mengakses informasi tersebut.

Hadirnya koran digital dengan sendirinya menyambut sebuah generasi yang disebut digital native yang disono-nya akrab dengan internet. Sementara itu, generasi yang bergantung pada koran cetak akan hilang dan punah sesuai tuntutan alamiah. Karena media koran digital seperti Kompas hadir melalui internet yang sudah diakrabi digital native ini, mereka tidak lagi harus diarahkan dan disuruh-suruh untuk membaca koran.

Koran digital yang dihadirkan berkat internet akan mengikuti nature media online yang bersifat interaktif dan partisipasif. Ini pulalah keuntungan yang ditawarkan koran digital ke depan, yakni interaktif dan partisipasif dalam bentuk konten yang beragam.

Kehadiran koran digital juga merapakan presentasi dari budaya dan kebiasaan baca di kalangan masyarakat itu sendiri. Ketika koran datang dalam bentuk cetak-pun juga tidak akan berarti jika budaya baca dan cari informasi tidak melekat pada setiap insan. Oleh karena itu era informasi juga harus diikuti oleh budaya dan kebiasaan baca oleh masyarakat, sehingga setiap perkembangan dan peluang dapat dimanfaatkan oleh setiap insan Indonesia.

Selamat datang era digital

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: