Awal Puasa Tugas di Manado

Manado, 1 Sept 2008.

Manado sebenarnya bukan hal yang baru bagi saya karena sering ditugaskan di wilayah itu. Yang menjadi tidak biasa adalah saya ditugaskan pada awal puasa. Kita semua tahu bahwa Ibukota Propinsi Sulawesi Utara ini mayoritas beragama Kristen, ada jug Katolik dan Muslim adalah minoritas di Manado. Saya bingung meski mencari penginapan yang dekat Masjid biar bisa menjalankan sholat taraweh.

Untungnya rekan kerja di Manado paham dengan kondisi saya, sehingga dicarikan penginapan di dekat Masjid Raya Ahmad Yani Manado. Pada malam kedua sholat Taraweh saya dapat menjalankannya di Masjid Raya Ahmad Yani, dan saya tidak mengira bahwa yang melaksanakan sholat taraweh cukup banyak bahkan Masjid hampir penuh. Saya salut pada Muslimin dan Muslimat di Manado walaupun minoritas mereka tetap khusu’ menjalankan sholat dan juga rasa kebersamaannya bagus sekali.

Sebenarnya tugas utama saya adalah membuat lab komputer di SMA PIONEER MANADO. Dan ini dapat terjalin karena ada seorang teman Manado yang kirim pesan melalui Blog saya mengenai pendidikan komputer, akhirnya saya kirimkan email balasan untuk untuk bekerjasama akhirnya terjalin kerjasama. Inilah manfaat internet sekaligus blog dalam hal bisnis dan kerjasama. Terima kasih kepada bapak Jefferson Liaw (Bpk. Jeffry) yang telah menjalin kerjasama. Tugas saya hanyalah membantu sekolah untuk membuat lab komputer menjadi lebih berguna bagi siswa dan guru. Di bawah ini foto saya dan bpk. Jeffry di Lab komputer SMA Pioneer.

Oliver, saya dan bpk. Jeffry

FOTO : Oliver, saya dan bpk. Jeffry

Dibawah ini foto lab komputer yang sedang saya kerjakan

Lab komputer SMA Pioneer manado

Lab komputer SMA Pioneer manado

Walaupun pada saat itu saya baru dalam keadaan puasa tetapi pekerjaan jalan terus, sehingga dalam waktu tiga hari instalasi hardware, software dan jaringan serta intranet selesai saya kerjakan di bantu teman kerja di Manado Sdr. Oliver, makasih ya Mas Oliver.

Walaupun terasa berat, namun puasa di Manado juga mengasyikan karena Manado hujan terus tiap hari sehingga tidak terasa haus dan lapar. Dan yang lebih membanggakan adalah saya salut kepada saudara muslim di Manado walaupun minoritas tapi semangat beribadahnya saya acungin jempol, sehingga saya merasa di rumah sendiri.

Tugas berikutnya juga cukup berat yaitu presentasi di SMA yang paling terkenal di Sulawesi Utara yaitu SMA LOKON. Disana sudah ditunggu oleh beberapa petinggi sekolah. Saya mempresentasikan masalah kurikulum pendidikan komputer yang ideal untuk SMA, kemudian yang kedua oleh saudara Oliver mempresentasikan model kerjasama.

Seru juga dalam presentasi tersebut, ada diskusi yang menarik, antara kita dan pengurus sekolah. SMA LOKON merupakan SMA asrama sehingga mempunyai tradisi dan disiplin yang tinggi, siswa dan siswinya datang dari berbagai daerah khususnya dari wilayah Indonesia Timur, Ambon, Makasar, Gorontalo, Papua dan tentunya dari Sulawesi Utara sendiri.

Dibawah ini beberapa foto saya di SMA Lokon :

Presentasi di SMA LOKON

Presentasi di SMA LOKON

Foto di depan SMA Lokon, membelakangi gunung LOKON

Didepan SMA Lokon, di belakang ada Gn. Lokon

Didepan SMA Lokon, di belakang ada Gn. Lokon

Pada saat naik pesawat LION AIR sempat ada kepanikan juga karena cuaca yang kurang baik, tapi Alhandullillah semuanya dapat berjalan lancar.

Ini Foto saya di depan Bandara Hasanudin Makasar

Didepan bandara Hasanuddin Makassar

Didepan bandara Hasanuddin Makassar

Tinggalkan Balasan

