Membangun Lab Komputer berbasis Intranet

Perkembangan IT terus berlanjut dengan gadget-gadget baru, serta dengan fasilitas yang serba wifi dan hotspot. Oleh karena itu dunia pendidikan juga perlu adanya pengembangan ke arah sana. Namun di lapangan banyak sekali kendala-kendala yang di hadapi, misalnya jaringan internet yang belum tersambung, belum agi biaya untuk nyambung internet dan tentu saja ketersediaan SDM yang mumpuni.

Dalam rangka tersebut sebenarnya sekolah dapat membangun sebuah lab komputer berbasis intranet yang mempunyai fasilitas mirip sekali dengan internet, sehingga siswa dapat mengaplikasikan program-pogram internet tanpa harus tersambung di internet.

Keuntungan penggunaan intranet antara lain

1. Siswa dapat mempunyai account email pada intranet

2. Siswa dapat melakukan browsing pada website-website yang telah disediakan pada server

3. Emil dapat digunakan untuk interaktif pembelajaran dengan guru komputer

4. Apabila dilengkapi dengan Net Support System maka kegiatan belajar akan lebih efektif lagi

5. Tanpa biaya internet

6. Dapat diintegrasikan dengan ruang lain mis.  Ruang Kepala Sekolah, Ruang TU , Ruang Perpustakaan, dll

dsc00177

Untuk pembuatan lab-nya sebenarnya cukup mudah, asalkan lab. tersebut sudah terkoneksi jaringan (LAN).  Kita tinggal install server 2000/2003/2008 sebagai server induk, kemudian untuk fasilitas email dapat menggunakan mail merak server ( dapat di download di internet).

Selain berfungsi untuk pengajaran dapat pula digunakan ujian secara jaringan, kemudian lebih penting adalah memberikan wawasan kepada siswa bahwa dunia yang akan dihadapi ke depan adalah seperti ini. Dimana hampir semua pekerjaan menggunakan alat bantu komputer dan juga tentunya internet.

Memang untuk membuat ini diperlukan SDM yang mumpuni dan mau belajar serta mempunyai rasa ikhlas untuk berbagi dengan siswa/siswi yang di didik. Harapan ke depan mungkin juga untuk pengembangan sekolah-sekolah yang berbasis ICT  di Indonesia, sehingga bangsa ini segera bangkit untuk bersaing dengan bangsa-bangsa di seluruh dunia. Selamat berjuang kawan…

14 Balasan ke Membangun Lab Komputer berbasis Intranet

  1. yudhi mengatakan:

    Kulonuwon mas…sy seorang pendidik juga nih tp ilmu tentang jaringan sy masih cetek banget. Bisa ga kasih ilmu ke saya untuk membuat jaringan intranet yang anda utarakan diatas.. makasih mas. minta di email ya modul nya.

  2. Dayat mengatakan:

    Salam kenal mas, saya kebetulsn guru Sejarah yang tertarik dan sering menggunakan IT, dan kebetulan di percaya sekolah untuk mengelola Lab Komputer Sekolah, tapi selama ini masih mnggunakan jaringan internte aktif untuk saling berbagi data dan e-mail antar client di web, kebetulan saya iseng browse dan ketemu blog anda, bila berkenan saya minta di kirim Modul tentang cara membuat jaringan intranet tersebut, terima kasih sebelumnya

  3. Samuel mengatakan:

    salam kenal mas, saya kebetulan seorang mahasiswa di salah satu universitas di jakarta. kebetulan saya sedang tertarik untuk membikin jaringan intranet untuk membuat jaringan server sendiri untuk di lingkungan kost saya dimana saat ini saya sering sekali menggunakan email internet seperti yahoo, msn, gmail, dll untuk melakukan pertukaran data materi pelajaran. dimana saya hendak meminta modul dan tutorial untuk membuat jaringan intranet untuk mempercepat pentransferan data dan materi yang hendak saya share dan jika bisa, saya hendak meminta untuk di kirimkan kepada email saya (Modul dan Tutorial). terima kasih sebelumnya

  4. siska mengatakan:

    Maaf, saya sama seperti rekan-rekan di atas, ingin meminta tutorial ttg intranet:) terima kasih pak

  5. abdul haris mengatakan:

    saya haris mhs teknik komputer di padang ..saya juga sangat tertarik dengan membangun INTRANET di sekolah tempat saya magang….sayahendak meminta modul ato tutorialnya sama mas..klw bisa tolong di kirim ke email saya.terimakasih

  6. Budisastro mengatakan:

    wah ini saya harus, cari tahu lebih banyak tentang hal ini

  7. miftahul khoiri mengatakan:

    assalam…..di lab tempat sekolah saya ngajar sudah terbentuk jaringan LAN, saya juga telah membangun web srver dansaya coba isi dengan wordpress, gimana cara agar wordpress tersebut bisa diakses dari koputer lain, server saya windows xp 3, kalo berkenan saya sangat mengharapkan keterangan dari babap …wassalam

  8. RiSWANDJ mengatakan:

    salam..
    pak saya seorang guru nonorer smk jurusan tkj, sdm saya sangat kurang dalam ilmu IT Terutama tentang jaringan komputer..
    mohon kepada bapak untuk memberikan sedikit ilmu atau cara membangun intranet ini..
    mohon kepada bapak
    demi kemajuan anak bangsa
    salam

  9. sandy salim alfarizi mengatakan:

    salam kenal mas..sy seorang tenaga pengajar di bidang komputer cuman untuk masalah jaringan saya masih bingung karena sudah lama sekali tidak di prkatekan .dan kebetulan skrg sy akan membuat lab komputer dgn konsep jaringan…. untuk alat2x yg harus ada itu apa aj mas..

  10. indra mengatakan:

    ass Pak

    saya sangat tertarik untuk membangun intranet di lab sekolah saya.
    mohon dikirim tutorial dan modulnya ke email saya
    terima kasih

  11. uchy mengatakan:

    salam kenal…
    saya ingin membangun intranet di sekolah. mohon bantuan untuk tutorialnya agar menjadi seperti yang telah anda jelaskan diatas, terutama tentang instalasi web server, email server dan website2 yang harus disediakan.
    mohon bantuannya dikirim ke email saya.
    Terima kasih.

  12. Haziq mengatakan:

    Loh materi nya kemana? koq cuma petuah aja, katanya ikhlas berbagi.🙂

  13. abu mengatakan:

    salam kenal…
    saya ingin membangun intranet di sekolah. mohon bantuan untuk tutorialnya agar menjadi seperti yang telah anda jelaskan diatas, terutama tentang instalasi web server, email server dan website2 yang harus disediakan.
    mohon bantuannya dikirim ke email saya. sdn2tawangsari@gmail.com
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: