Mengubah Foto menjadi gambar Kartun dengan Photoshop

Membuat Foto Kartun Tapi bukan Gambar Vektor

Membuat foto kartun itu gampang-gampang susah .. tergantung dari foto nya juga sebenernyar.. kalo fotonya high resolution hasil gambarnya bisa bagus.. tapi kalo resolusi nya yang agak low resolution bisa-bisa hasinya gak terlalu bagus.. tapi tergantung kreatifitas kita juga sebenernya..

kita coba yu.. sebenernya udah saya bikin tutorialnya di sini, tapi hasilnya kurang memuaskan.. sekarang kita coba dan mungkin hasilnya bisa agak memuaskan.

buka foto yang mau dibuat kartun.. lalu tekan ctrl + J untuk menduplikat

sigit

Seleksi objek nya dengan pen Tool

sigit2

Perbaiki kalo ada yang gak pas, pake direct selection tool

sigit3

kalo udah, Klik kanan di gambar > Make selection

sigit4

Klik select > Inverse.. tekan Delete ..

Jadinya background nya ilang..

sigit5

Duplikasi layer background lagi dengan menekan ctrl + j di layer background.. , lalu pindahkan layer hasil copy ke paling atas.. klik layer background lagi.. tekan CTRL + Backspace.. ( sebelumnya setting foreground dan background color jadi default : hitam putih , atau tekan tombol D )

layer background jadi berwarna putih

sigit6

Duplikat layer 1 atau layer foto yang sudah gak ada background nya.. lalu setting brightness Contras nya..

sigit7

Klik Filter > Sketch > Stamp

sigit8

atau setting angkanya sendiri ya.. supaya keliatan lebih Ok aja.. karena ini semua tergantung dari kualitas foto nya juga.

Duplikat lagi layer yang udah pake efek stamp lalu klik Ctrl + Klik di layer nya.. tekan lagi CTRL + Backspace untuk membuat jadi putih.

sigit9

Sekarang tukar posisi layer 1 copy 2 dengan layer dibawahnya

sigit10

Layer foto bayangan putih masih dalam keadaan terseleksi..

Klik Create New Fill di layer palette > Solid Color

sigit11

Klik 2 x di warna layer Color fill lalu ubah warna nya menjadi warna kulit.. nanti ini bisa diubah kok.. jadi gak di set skarang juga gak apa-apa.

Klik layer Outline , ubah layer efek nya menjadi Multiply

sigit12

Sekarang kita buat Highlight atau garis-garis muka nya biar keliatan lebih real.

Ubah posisi layer 1 atau layer foto transparan menjadi di atas,

sigit13

Klik filter > Blur > Gaussian Blur

sigit14

Klik Filter > Artistic > cutout

sigit15

Ubah layer efek nya menjadi Multiply dan opacity menjadi 50%

sigit16

hasilnya :

sigit17

Keliatan kan highlight nya ?

Sekarang bersihkan bintik-bintiknya dengan menggunakan eraser tool

sigit18

Warnai mata, bibir dan gigi..

Buat layer baru di atas layer warna atau dibawah layer outline.

sigit19

Gunakan Brush tool untuk pewarnaan, warnai mata dan gigi dengan warna putih

Dengan cara yang sama, warnai bibir dengan warna merah muda.. atau marun keputih-putihan.. halah.. hehehe… terserah deh warnanya ya.. yang penting menyerupai bibir..

sigit20

sigit22

Silahkan dicoba..

Saya udah update Tutorial di Member area juga.. yang hasilnya :

sigit30

Yang mau tutorialnya silahkan daftar untuk jadi Member : Klik disini

Artikel Membuat Foto Kartun Tapi bukan Gambar Vektor ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Cara Membuat Foto manjadi Vektor,

Iklan

42 Responses to Mengubah Foto menjadi gambar Kartun dengan Photoshop

  1. joe berkata:

    krennnnnnn
    bleh mnta bkinin ga om?

  2. Holly Ibrahim berkata:

    makasih…..

  3. wika berkata:

    kyae susah nie.
    tp tak coba deh, thanks dah mau bantu

  4. moeslem berkata:

    thans bos,tutorial nya keren abis,sip,sip,sip…….

  5. tiyok berkata:

    ne baru sampe bersihin bintik” dg eraser tp kok gag bsa,,,gmana tu????

  6. Suman Wijaya berkata:

    Mantap, sip..sip.. teruslah berkarya, krn karya anda akan menjadi amal jariah bagi anda..

  7. […] This post was mentioned on Twitter by risang pamungkas, risang pamungkas. risang pamungkas said: nganggo macro seng ceto. . tapi nganggo sotosop iso. . kui kliken http://bit.ly/gCquqS RT @raanggaaa […]

  8. slamet blog berkata:

    wah nie coba ah… newbie nie..

  9. Herling AJP berkata:

    Thank’s ya….mantap tutorialnya…

  10. fadli berkata:

    kok susah bgt ya itu gimana kok tau-tau langsung ad yg di layer 1 copy???
    cara membuat layer 1 copy gimana ya???

  11. Syech Darmawan berkata:

    keren bget om !!
    Ini nech yg aq cari.. Makasih 😀

  12. sebuah nama sebuah cerita berkata:

    terlalu ribet awalna om….
    langsung klik pentool dan klik del juga langsung…
    selanjutna baruu ikutin petunjuk itu..
    tapii thanks before om
    Lanjoooooooooooooooott

  13. wowhy03 berkata:

    trimaksih banyak ilmu x,,,,,

  14. Fikri Heryansyah berkata:

    mantap nih..
    cuma ga gitu mirip kaya contohny..
    apa tergantung fotony juga y?
    tapi tetep hasilny bagus si..
    baru blajar langsung bisa..
    mantap 😀

  15. danny berkata:

    Mantaps bro, thanks

  16. hadinug berkata:

    wah thaks om,, meski hasilnya ngak semirip contoh,, yah kumayan buat foto profile website q wakakakakaakakak

  17. lookie berkata:

    makasih ya om tutorialnya, sangat bermanfaat..
    tapi gimana caranya kok bisa jadi yg terakhir (ganti warna)
    tks..

  18. edzar berkata:

    Makasih tutorialnya…. Ijin praktekin hehe

  19. dyde berkata:

    Saya bikin daritadi Gagal terus -___________-

  20. adis berkata:

    mbingungi boss

  21. keren….. tapi tetap susah bwtnya….

  22. Sarah pramita berkata:

    Whe. . .y. .
    Keren juga tuh om
    Tp kalo boleh saran begroundnya warna ungu cakep tuh.h.h.
    Tp thanx bangd.d…
    Jd tmbh !lmu nih,..

    Kreativitas it pentng o0m.m.m
    Cayyo.o.o.o.o
    Untuk bangsa kita INDONESIA tercinta. . . .

  23. yah kita hrs membng ku ya pak

  24. bl aja km bikin dng syrt km km hrs bs

  25. panji berkata:

    saya suka orang yg gk pelit ilmu ky mas ni!..smg bs brmanfaat bwt qt & jd pahala bwt mas ni.amin

    thank you

  26. nata berkata:

    thax ya.. sngt berguna

  27. arifin berkata:

    waooowwwww goood? thx for 🙂

  28. ianiban berkata:

    ko bintik2nya susah dihilangin pke eraser tool y??
    oya gimana caranya nge-highlightnya?

  29. Syaifudin Udin berkata:

    kok susah bener ya,,,,saya sudah mencoba tapi jadi pening kepala aku….

  30. irvannugi berkata:

    luar biasaaaaa 😀
    makasih tutorialnyaa
    http://irvnewbie.wordpress.com/

  31. ade kusuma mahardhika berkata:

    terima kasih…..

  32. Ristya Jati berkata:

    informasi yg bagus (y)
    mau nyoba ah…bisa g yo??

  33. L4 berkata:

    kurang bagus hsilnya tuh d fto kdua paling bawah

  34. zainal abidin berkata:

    bang aku mohon bantuan mengenai pengelolaan blok yg tepat… nohon abang bantu aku; zainaljjj@yahoo.co.id

  35. Kang Sava berkata:

    kok di ps cs6 saya cari menu…Filter>sketch>stamp…kok gak ada ya????

  36. tips photoshop berkata:

    infonya sip, bisa ke tkp nih
    thanks gan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: