Cara Membuat Efek Animasi Matahari Berputar

Sumber: www.AnneAhira.com

Bagaimana cara membuat animasi matahari yang terlihat berputar? Sederhana sekali, dengan menggunakan software Swishmax, kita bisa membuat efek matahari berputar sekaligus awan yang bergerak cepat melintasi matahari.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Siapkan program Swishmax pada komputer Anda.
  • Buatlah frame kotak dengan menggunakan tool rectangle pada area kerja. Atur warnanya. Misalnya kita membuat warna kuning kusam untuk menggambarkan padang pasir, atau warna hijau muda untuk menggambarkan padang rumput, dan sebagainya yang bisa kita pilih sesuai keinginan. Atur kotak tersebut dengan menggunakan tool resize dan reshape.
  • Dengan cara yang sama, kita bisa membuat gambar gunung yang tampak di kejauhan, atau membuat deretan kotak persegi untuk menggambarkan perkotaan sebagai background. Jangan lupa mengatur warnanya, ya!
  • Langkah berikutnya, dengan menggunakan tool rectangle lagi, buatlah frame lingkaran pada area kerja. Kemudian atur bentuknya dengan menggunakan tool resize dan reshape. Ubah bentuk lingkaran menjadi bentuk tak beraturan untuk membuat gambar awan. Atur warnanya menjadi abu-abu atau kehitaman.
  • Lakukan langkah serupa jika menginginkan beberapa gumpalan awan. Atau bisa juga dengan cara menduplikasi gambar awan dengan memakai tool copy dan paste objek. Tapi, supaya bentuk awannya tidak serupa, kita harus mengatur lagi bentuk-bentuknya. Warnanya juga bisa kita buat sedikit berbeda, ada yang agak gelap atau putih terang.
  • Mataharinya belum terlihat? Ya, kita akan membuatnya sekarang. Caranya dengan membuat objek lingkaran dengan menggunakan tool ellipse. Kemudian, kita membuat objek baling-baling mengelilingi lingkaran tadi untuk memberi efek berputar dan bercahaya. Caranya dengan menggunakan tools rectangle, lalu rotasikan dengan tool rotate or skew. Jangan lupa menentukan warnanya, yakni kuning keemasan atau kemerahan, sesuka kita.
  • Selanjutnya, blok semua objek dalam area kerja, lalu klik kanan, akan muncul panel perintah, pilih perintah grouping, kemudian group as shape.
  • Hasil grouping tadi kemudian kita seleksi. Klik kanan pada area timeline objek matahari, lalu pilih move, lalu arahkan ke frame yang kita kehendaki. Misalnya frame 20.
  • Apakah mataharinya sudah berputar? Belum! Untuk membuat efek putaran, lakukan double click pada frame 20. Lalu, pada kotak move setting, klik panel X angle, lalu pilih rotate CW by.
  • Kalau menghendaki warna mataharinya berpijar-pijar, kita bisa membuat efek warna. Caranya dengan double click pada Move Setting, lalu klik tanda panah pada kotak colour, lalu pilih perintah fade to. Lalu tentukan warna pijarnya, sedikit lebih terang atau lebih redup dari warna sebelumnya.
  • Selanjutnya, kalau kita ingin membuat efek awan bergerak, kita bisa mengatur timeline pada objek awan. Caranya dengan klik kanan, lalu pilih move. Arahkan ke frame 20. Kemudian, di area kerja, geser letak awan pada posisi yang kita inginkan. Lakukan pada beberapa objek awan yang sudah kita buat sebelumnya.

Oke, sudah selesai! Saatnya kita melihat animasi matahari berputar dan awan yang melintas di depannya. Caranya dengan klik play movie. Nah, lihat… matahari berpijar di atas langit, berputar-putar seperti baling-baling!

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: