Menjadi Profesional Muda

Sumber: www.AnneAhira.com

Anda ingin menjadi profesional? Satu syarat yang harus dipenuhi adalah Anda mempunyai kepandaian khusus. Dengan melakukan kepandaian khusus tersebut nantinya Anda akan mendapatkan penghasilan.

Seorang profesional muda, tak harus bekerja pada sebuah perusahaan orang lain. Anda sebenarnya juga bisa meniti karir secara personal atau membuka perusahaan minimalis namun bisa diandalkan. Contoh nyata misalnya membuka jasa konsultan. Entah itu konsultan media, public relations, hukum, marketing online, programmer, desainer dsb.

Perhatikan Jika Anda Ingin Menjadi Profesional Muda

Untuk menjadi Profesional Muda yang bisa bersaing. Bisa diandalkan untuk membantu pihak lain (klien), baik itu personal maupun perusahaan tertentu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Anda harus mempunyai kepandaian khusus yang bisa diandalkan.

Bisa jadi kepandaian khusus ini Anda dapatkan melalui jenjang perguruan tinggi (universitas). Namun bisa pula didapatkan dengan cara berlatih secara terus menerus sehingga Anda layak disebut “Suhu” atau pakar. Inilah modal utama Anda.

2. Pergunakan jaringan.

Jaringan (networking) ini adalah sarana untuk mendapatkan informasi tentang pihak-pihak lain yang memerlukan jasa Anda. Langkah pertama-tama tentu mulai dari membangun jaringan dari orang-orang terdekat.

Jika sudah didapatkan dan Anda misalnya memperoleh proyek dari mereka, langkah selanjutnya adalah meminta rekomendasi kira-kira personal atau perusahaan mana yang cukup potensial untuk Anda sasar, untuk dibantu dengan keahlihan yang Anda miliki. Cara ini sangat ampuh untuk menggaet klien-klien baru sehingga pemasukan Anda juga akan meningkat.

3. Kemampuan berbahasa.

Tentu saja, selain Bahasa Indonesia yang mesti dipergunakan dengan komunikatif, tak kalah ketinggalan adalah kemampuan berbahasa asing, terutama adalah Bahasa Inggris. Hal ini penting karena bahasa ini telah dipergunakan sebagai bahasa internasional.

Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang cukup, Anda tentu mempunyai peluang lebih untuk menggaet perusahaan-perusahaan asing. Dengan demikian ekspansi usaha jasa profesional Anda juga akan meningkat. Otomatis pendapatan Anda juga akan naik.

4. Personal Branding.

Yaitu mengenalkan dan menaikkan citra diri Anda pada dunia kerja. Salah satunya dibangun melalui dunia maya (internet). Anda bisa memulainya dengan membangun sebuah blog (jurnal online), website atau bergabung dengan berbagai situs jejaring sosial seperti facebook atau twitter yang saat ini cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Lewat media tersebut, Anda bisa mengenalkan produk jasa, bagaimana kerja-kerja yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain, metode pembayaran, keuntungan-keuntungan menggunakan jasa Anda dll.

5. Menjaga Reputasi.

Reputasi terkait dengan nama baik dan perusahaan layanan jasa Anda. Tentu hal ini sangat berkaitan dengan kepuasan pelanggan yang menggunakan jasa Anda. Satu pokok yang mesti dipahami dalam soal reputasi ini adalah melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan.

Jika terdapat permasalahan atau kekurang-puasan pelanggan, langkah yang mesti diambil pertama-tama adalah komunikasi yang baik, setelah itu memberikan semacam “ganti rugi” jika memang pelanggan kurang puas. Dengan mempertimbangkan hal ini, reputasi Anda akan terjaga dan kembali mendapatkan kepercayaan publik di dunia kerja.

Inilah beberapa kiat-kiat bagi Anda yang akan memulai karir sebagai profesional muda. Orang-orang dengan kemampuan masing-masing dalam berkarya, serta membantu orang lain yang membutuhkan layanan jasa tertentu.

Lantas dengan bekerja semacam inilah Anda akan mendapatkan penghasilan yang layak dan memadai. Sesuai dengan standar kualitas hidup masyarakat Indonesia. Demikian, semoga Anda terbantu dengan kiat-kiat di atas. Selamat bekerja dan sukses selalu untuk Anda.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: